Monday 13 February 2012

Visa bag.1

Ternyata proses administrasi di UK ga jauh beda ama di indo, buktinya saja dalam pengurusan visa..

Berawal dari bulan Oktober 2011 kami sudah mulai mengurus dan mempersiapkan segala dokumen untuk mengurus perpanjangan visa yang akan habis tepat pada tgl 19 Januari 2012. Setelah semua dokumen dan berkas lengkap maka kamipun mulai mengirimkan smua berkas via pos. 2 minggu kemudian datang pemberitahuan dari UKBA yang menyatakan bahwa semua berkas dan dokumen untuk keperluan pembuatan visa sudah di terima dan harap menunggu surat pemanggilan berikutnya. Ditunggu-tunggu, seminggu..2 minggu..3 minggu..sebulan..2 bulan..(dengan jantung yang cukup dag dig dug deeeerrr) akhirnya pada awal desember kami menerima surat pemanggilan (appoinment for biometric) untuk cap jempol dan pengambilan foto yang akan di tempelkan di visa. Untuk melakukan hal ini mengharuskan kami pergi ke Liverpool yang jauhnya 5 jam di tempuh dengan menggunakan bus, atau 4 jam di tempuh dengan menggunakan kereta. Yup, tentu saja aku memilih pergi dengan menggunakan kereta karena waktu tempuh lebih singkat sekaligus supaya Farell bisa merasakan sesekali naek kereta. Yah, demi visa sekalian jalan-jalan ya aku lakukan dengan senang hati tentu saja..

Maka kamipun berangkat pada tgl 08 Januari 2012 menuju UKBA Liverpool. Perjalanan yang ditempuh dari Glasgow-Liverpool selama 4 jam tidak sebanding dengan di UKBA-nya sendiri yang nyatanya cm butuh 5 menit saja dan semua urusan pun beres. Yup, hanya pengambilan cap jari dan poto kami bertiga dan itu selesai dalam waktu hanya 5 menit tanpa harus menunggu nomer antrian. Tak sebanding memang tapi berhubung memang niatnya sekalian jalan-jalan maka akupun menikmati saja perjalanan itu.

Dua minggu setelah kepulangan kami dari Liverpool, biometric card yang dijanjikan akan sampai ke tangan kami pun tak kunjung muncul juga, berharap, berdoa dan berserah penuh kepada Tuhan agar visa kami segera dapat kami terima. Doa kamipun terjawab seminggu berikutnya tepat pada tgl 01 Februari 2012 (silahkan baca Welcoming February) biometric card yang merupakan visa itu pun bisa kami terima. Sungguh senang bukan kepalang, karena akhirnya apa yang kami inginkan bisa terjadi. Wlopun kalo di total dari mulai pengurusan bisa menghabiskan waktu selama 4 bulan lamanya. Yah sudah resikonya karena kami memilih yang jalur biasa alias melalui pos, sesuai dengan kemampuan kantong kami pada saat ini. Yang penting kami bisa tetap dapat diberi kesempatan untuk tinggal disini dan visa dapat kami peroleh secepatnya. Yah andai saja kami sanggup pastinya sudah mengurus visa yang super cepat alias yang sehari jadi tapi apa daya, kantong kami tak sanggup untuk melakukan hal itu.

Visa sudah diperpanjang, biometric card sudah di tangan, nah permasalahan selanjutnya adalah.....Kapankah paspor dan semua dokumen kami bisa kami terima????? Masih merupakan tanda tanya besar. Tapi kami berharap semoga UKBA scepatnya dapat mengembalikan semua dokumen yang berkaitan dengan pembuatan dan pengurusan visa kami karena kamipun ingin sekali melakukan eurotrip bersama opung tercinta...Lumayan bisa ngirit dikit klo nebeng ama si opung ketimbang kami berangkat ber-tiga doang...

Paris..Eifell Tower..aku ingin kesanaaaaaaa......Oh Tuhan kabulkanlah permintaanku kali ini hihihi:)


-Glasgow with love-
130212,15.00

No comments:

Post a Comment