Thursday, 2 February 2012

Arti Sebuah Nama

 My lovely mom and dad, 2002

 Yah kali ini kita akan membahas masalah nama, tepatnya namaku. Berhubung begitu banyak orang yang penasaran akan arti namaku tersebut maka melalui blog ini aku akan mencoba mengartikan dan menjelaskan arti namaku yang sebenarnya.

Aku dilahirkan dan diberi nama SOAGAMON TONGAM SIEGLINDE SIANIPAR. Ups, nama yang susah sekali, jangankan di ucapkan, di tulis aja cukup repot ya. Tapi begitulah namaku adanya.

Aku dilahirkan dari keluarga Batak, papaku marga Sianipar dan mamaku boru Siahaan. Berhubung aku adalah cucu paling besar dari keluarga papa dan bahkan juga mamaku mengharuskan opung-opung juga ikut berperan dalam proses pemberian nama bagi cucu pertama mereka. Yah maka opung dari papaku memberikanku nama SOAGAMON, dan opung dari mamaku memberikan nama TONGAM sedangkan mama papaku memberikan nama SIEGLINDE, dan SIANIPAR nya merupakan nama belakang dari keluarga papaku (duh rempong ya bow jadi orang batak, anak-anak sapa tapi yang kasi nama harus ikut orang lain). Mau gimana lagi tapi memang bgitulah nasib menjadi anak paling besar dan cucu paling besar di keluarga batak. Yuk sekarang mari kita ulas arti namaku satu persatu (cuma tiga kata kaleee, ga usah lebay deh ahhhh....hahahaha).

SOAGAMON : Awalnya aku gak pernah mempertanyakan apa arti namaku ini tapi berhubung semua temanku pada waktu SMU menanyakan apa arti namaku yang sungguh amat sangat sulit untuk dilafalkan maka akupun mulai menanyakannya pada papa mamaku. Nah mulailah mereka menjelaskan apa arti dibalik namaku itu. 
Dulu, mereka mulai bercerita opungku mempunyai perusahaan yang sangat besar pada eranya (mungkin sekitar tahun 1960an kali yah) perusahaan yang bergerak di bidang tekstil, bahan pangan, rokok, parfum, kopi semuanya deh diborong opungku itu (dulu) dan produknya sudah sampai di ekspor ke luar negri. Nah pokoknya tuh ya, itu perusahaan si opung gede banget dan terkenal banget deh. Ntah apa yang terjadi pada tahun 1980 perusahaan itu tutup karena bangkrut. Coba bayangkan perusahaan yang tadinya besar banget tiba-tiba mendadak bangkrut, membuat opungku tak bisa menerima kenyataan. Tapi apa mau dikata, roda berputar pung, dulu diatas sekarang dibawah itu bukan masalah. Nah, pas waktu kejadian ini aku lahir 16 Februari 1981, sebagai cucu pertama (karena papa ku anak pertama mereka) maka aku diberi nama SOAGAMON yang artinya "tak terduga", dikaitkan dari peristiwa bangkrutnya perusahaan yang tadinya sungguh sangat besar dan berjaya mendadak bangkrut seketika, benar-benar diluar dugaan alias tak terduga. Jadi bukan aku-nya yang lahir diluar dugaan yah..ngerti , hahahaha...Duh pung, kenapalah namaku gak dibuat agak bagusan dikit, ini namanya batak kalipun. Tapi apa mau dikata sudah potong babi untuk membuat nama itu dan aku percaya dibalik sebuah nama ada sebuah arti dan harapan yang ingin dicapai. Baiklah pung aku menerima nama itu, terima kasih buat nama yang indah walopun sangat amat susah untuk disebutkan. Terimakasih OP. SOAGAMON doli/boru, aku sangat menyayangi kalian....Namaku dipake untuk nama mereka karena aku adalah cucu panggoaran mereka.

Nama tengahku adalah TONGAM pemberian dari opung dari mamaku, yah walopun mamaku bukan anak paling besar tapi pada saat itu dan bahkan sampai opungku meninggal aku masih lah cucu paling besar mereka. Sama seperti opung dari papaku, opung dari mamaku pun mempunyai andil dalam pemberian nama cucu paling besar mereka, diberilah TONGAM yang dalam bahasa batak artinya baik, bagus, indah, pas, cocok, yah pokoknya semua hal yang baik2 bisa terjadi dalam diriku, bgitulah arti namaku yang waktu itu sempat aku tanyakan pada opung ku itu. Tapi berhubung ini hanyalah nama tengah jadi kurang popular diantara para teman2ku hahahaha...gak papalah setidaknya aku tau apa arti dibalik namaku ini. Jadilah opungku disebut Op. Tongam, terimakasih OP. TONGAM doli/boru aku sangat-sangat merindukan dan menyayangi kalian. Namaku dipake untuk nama mereka karena (lagi-lagi) aku adalah cucu panggoaran mereka.

SIEGLINDE, nama ini diberikan mama papaku. Karena sudah terlanjur menanyakan arti Soagamon dan Tongam, kenapa ga sekalian nanyain apa arti Sieglinde atau kenapa memberiku nama itu? Yah papa ku menjawab, karena pada waktu papaku bersekolah di Jerman dia sangat menyukai nama anak raja atau apalah yang saat itu memimpin Jerman, nama anak perempuan itu adalah Sieglinde, maka diberikanlah nama itu kepadaku untuk melengkapinya.

Kadang aku kesal diberikan nama SOAGAMON TONGAM SIEGLINDE nama yang ga ada bagus-bagusnya sama sekali, nama yang susah untuk dilafalkan, nama yang repot untuk ditulis tapi aku sadar bahwa dibalik sebuah nama ada arti dan harapan yang diinginkan orangtua kita, jadi sekarang aku sudah menerima dengan senang hati namaku tersebut, walopun aku tidak menggunakan nama itu dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan kasian orang-orang bakalan susah untuk menyebutkannya, jadi aku menggunakan nick name GAMMI nama panggilan yang diberikan papaku kepadaku. Terimakasih papa mama sudah memberikan nama itu kepadaku, semoga aku bisa berlaku seperti apa yang kalian harapkan.

Pomparan Op. Parasian Sianipar, 2010

-Glasgow with love-


No comments:

Post a Comment